Tips: Cara pergi dari Bangkok ke Pattaya

768

Nah di posting kali ini kami akan share bagaimana caranya untuk bisa pergi ke Pattaya dari Bangkok. Sebelum sampai Bangkok dan mendarat di bandaranya kami melakukan perjalanan dari Jakarta menuju Singapura dan barulah kita sampai di Bangkok, dan inilah penjelasan kalau mau ke Pattaya gimana caranya yaaaa:

Selisih waktu dari Jakarta dan Singapura adalah 1 jam, dan ketika kita terbang dari Singapura ke Bangkok maka selisih waktunya kembali 1 jam, jam di Jakarta dan Bangkok tidak memiliki perbedaan waktu.

Mendaratlah kami di Don Mueng International Airport dari Bangkok, penerbangan kami dengan Scoot lancar dan tepat waktu. Kami sampai jam 19.15 waktu Bangkok dan kami bergegas keluar dari imigrasi.

Apa yang kami pikirkan pada saat itu adalah bagaimana caranya agar kami bisa langsung ke Pattaya. Untuk menuju Pattaya ada beberapa cara yang dapat kita lakukan sbb :

1. Menggunakan Bus menuju Pattaya;

Bila kita menggunakan Bus maka ada 2 cara yaitu Bus yang langsung menuju Pattaya atau menggunakan Bus dari stasiun bus. Kendala utamanya adalah jam kedatangan kami yang sudah larut malam dan jarak Bangkok ke Pattaya seperti yang telah saya jelaskan seperti Jakarta ke Bandung kurang lebih.

Bila kami menggunakan bus, maka masalah lainnya adalah terdapat 2 bandara di Bangkok, yatu Don Mueng dan Suvarnabhumi, Bus yang tersedia langsung dari Airport langsung menuju Pattaya adalah bukan dari Don Mueng namun harus ke Suvarnabhumi.

Dengan membaca banyak informasi sebelumnya, bahwa Bus terakhir dari Suvarnabhumi adalah jam 8, dan perjalanan dari Don Mueng (bandara yang diperuntukkan budget airplane) menuju Suvarnabhumi (bendara baru Bangkok) akan memakan waktu 30 menit dengan catatan tidak macet dimana kondisi jalanan Bangkok tidak jauh berbeda dengan Jakarta, kami merasa agak ngeri.

Cara lain adalah dengan menuju ke stasiun bus di terminal bernama Ekkamai dan Mochit. Namun kami yang baru pertama kali menginjakkan kaki di Bangkok agak takut karena bisa saja kami memakan waktu lebih lama untuk mencari terminalnya, dan sampai di Pattaya juga kami akan turun di stasiun North Pattaya yang sampai saat itu kami belum punya bayangan seberapa sulit dan seberapa berbahayanya areal tersebut dimalam hari. Keunggulan menggunakan bus bukan dari airport adalah bisa sampai jam 23.00 malam keberangkatannya, dan biaya yang lebih murah berkisar 120 Baht.

1. Menggunakan Travel; Nah untuk transportasi ini kita layaknya menggunakan jasa travel dari Jakarta ke Bandung. Anda bisa mengakses dan memesan melalui websitenya : http://www.belltravelservice.com/

Dan lagi-lagi kita tidak bisa mengakses langsung dari Don Muang, kita perlu ke Suvarnabhumi terlebih dahulu untuk bisa menggunakan Bell Travel Service.

Lagi-lagi kami menemukan kendala untuk menggunakan Bell Travel Service :

Keberangkatan terakhir dari Suvarnabhumi adalah jam 6 sore, dan tiba di Pattaya diatas jam 5 sore tidak memungkinkan kita untuk diantar ke hotel tempat kita menginap.

Biaya untuk bus travel ini adalah sebesar 240 THB per 1 orang. Dan tentunya pada kali ini kami tidak bisa menggunakannya.

3. Dijemput oleh hotel tempat kita menginap;

Nah ini yang paling nyaman, karena tentunya akan dijemput dari bandara tempat kita mendarat dalam hal ini di Don Muang, silahkan Anda tanya kepada hotel tempat Anda menginap berapakah biayanya, untuk tempat kami menginap inilah biayanya :

Mahal banget ya? Oleh karena itu kami urungkan niat untuk layanan yang satu ini.

4.Pakai Uber ;

Nah ini layanan taksi berbasis aplikasi yang semakin hari semakin terkenal, kami lakukan pengecekan pada saat itu memiliki biaya berkisar 1300-1500 THB. Anda bisa order menggunakan aplikasi Uber, beberapa kendala untuk order Uber ditempat yang berbeda adalah kendala komunikasi, dimana tempat Anda akan dijemput dan janjian akan menjadi sangat penting ketika Anda memesan taksi berbasis online.

Pada saat kami tiba di Don Muang kami kesulitan sinyal dan pada saat yang sama ketika aplikasi kami cek dalam keadaan tarif double, sehingga kami tidak jadi menggunakan taksi Uber pada saat itu.

Oh ya, Anda bisa gunakan website : http://uberestimate.com/ untuk melakukan estimasi biaya perjalanan dengan uber di dunia

5. Pakai taksi Bandara ;

Akhirnya kami menggunakan layanan taksi bandara pada perjalanan kami kali ini, dengan pertimbangan waktu tiba yang sudah pasti akan larut malam, kami juga berupaya untuk mempercepat waktu tiba kami di Pattaya karena kami berharap masih bisa keliling-keliling menikmati kota yang 24 jam itu di malam hari

Turun dari area kedatangan, kita berjalan ke arah paling pojok kiri dari terminal kedatangan maka kita akan menemukan tempat antrian untuk taksi bandara.

Kami mengantri kurang lebih 20 menit untuk bisa mendapatkan taksi kami menuju Pattaya. Karena kondisi pada saat itu memang cukup banyak yang engantri.

Perjalanan dengan taksi menuju Pattaya dari jam 19.30 dan tiba jam 22.00 di hotel kami A-One Star Hotel di Pattaya dengan menghabiskan biaya 1680 THB.