Selain Anda bisa bertualang dengan banyak spot menarik di Hakone, Anda bisa pergi ke Gotemba Premium Outlet, sebuah Kawasan perbelanjaan paling ngetop di area ini karena semua barang branded dijual disana!

Pilihan lain selain Anda bisa berbelanja di Gotemba Premium Outlet Anda bisa mengunjungi Fuji Five Lakes yang dikenal dengan Fuji-Kawaguchiko dan mendaki gunung Fuji.

Jadi pilihan Anda dalam mengeksplorasi daerah ini menurut versi saya adalah sebagai berikut :

Pertama Anda harus mengetahui ilustrasi lokasi antara Odawara, Hakone Area, Gotemba, Pendakian Gunung Fuji (Fuji level 5th), dan Fuji-Kawaguchiko.

Keterangan peta :

  1. Kawaguchiko Station : Fuji-Kawaguchiko area
  2. Mount Fuji
  3. Hakone Area
  4. Odawara Station
  5. Gotemba Premium Outlet

Nah ada perbedaaan nih dari cara kami mengeksplorasi area ini antara buku pertama dan buku ke 2, buku pertama kami kan langsung pergi ke dari Hakone Area langsung ke Kyoto, sedangkan di buku ke 2 kami mau ke Kanazawa untuk mengunjungi Shirakawago, jadi ada perbedaan cara kami mengakses daerah ini.

Apa beda nya?

Mari kita berkenalan dengan Hakone Free Pass. Hakone Free Pass adalah sebuah akses dimana Anda bisa bebas menjelajah Hakone Area dengan membayar 1x saja.

Apa saja yang dicover dengan memiliki Hakone Free Pass?

Silahkan Anda akses QR Code dibwah ini untuk mendapatkan maps sekaligus brosur lebih lengkap:

Nah, ada perbedaan strategi antara Anda mau pergi dari Tokyo menuju Kyoto dan Osaka dengan singgah ke area Hakone terlebih dahulu dengan rute yang akan kami lakukan, dimana rute kami adalah Tokyo menuju Hakone Area, lalu melanjutkan ke Shirakawago bar uke Kyoto dan Osaka, kenapa?

Karena jalan ter-simple ke Shirakawago adalah kembali ke Tokyo. Jadi boleh dibilang kami harus Tokyo ke Hakone Area dan kembali lagi ke Tokyo.

Nah! Karena kami berencana kembali ke Tokyo, Anda akan lebih hemat mengakses Hakone Area dengan membelinya di Shinjuku Station dibandingkan membeli Hakone Free Pass di Odawara Station.

Kenapa?

Karena untuk perjalanan kembali ke Tokyo, Anda bisa mendapatkan jenis pass yang mengcover perjalanan kereta dari Tokyo – Hakone Area – Tokyo.

Pusing ya? Hehehe….

Masih ingat pernyataan saya diawal bahwa Jepang memiliki begitu banyak pass yang sebenarnya bila kita jeli menggunakannya maka Anda akan jauh lebih hemat.

Tapi! Bila Anda tidak memahami, asal beli pass saja, maka Anda akan jatuh lebih mahal! Sayang banget bukan?

Ini adalah tarif untuk Hakone Free Pass :

Jadi biar gak pusing maka saya buatkan ringkasannya saja ya!

Bila Anda :   Berencana langsung ke Kyoto / Osaka dengan singgah ke Hakone Area dari Tokyo, Anda lebih baik membeli Hakone Free Pass di Odawara ( 2 days 4600 Yen, 3 Days 5000 Yen)Travelling ke Hakone Area dengan berencana kembali ke Tokyo dan berangkat dari Tokyo, Anda lebih baik membeli Hakone Free Pass versi Shinjuku (2 days 5700 Yen, 3 Days 6100 Yen)  
Catatan lain : Kalau Anda sudah mengaktifkan JR Pass juga maka lebih baik membeli Hakone Free Pass versi Odwara karena tiket kereta ke Odawara nya sudah ditanggung JR Pass (dengan JR Line)

Karena kami mau kembali ke Tokyo dan tidak punya JR Pass maka jelas kami menuju Shinjuku Station dan Anda bisa membeli Hakone Free Pass versi Shinjuku di :

Dan di Shinjuku South juga ada koq :

Dan ini adalah penampakan tiket nya :

Kami membeli 2 days pass dan kami langsung meluncur dengan Odakyu line (Anda harus berganti line di Shinjuku Station menuju Odawara Station)

Kalau bingung mulai dari Shinjuku Anda tinggal ikuti petunjuk Odakyo Hakone :

Nah Anda akan tiba di sebuah stasiun bernama Odawara Station untuk memulai petualangan di Hakone Area :

Kami tiba di Odawara Station sudah cukup sore, mengingat kami membawa anak-anak dan orang tua, dimana dari pengalaman kami yang lalu untuk area Hakone jam 7 malam sudah cukup sepi, daripada kami memaksakan diri kami sepakat untuk jalan-jalan santai di dekat hotel kami deh.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here