Oke first lesson for first traveler di Jepang!

Di Jepang kita akan selalu bertemu kereta, dimana dalam kota dan keluar kota kita akan selalu gunakan kereta. Pada buku pertama saya soal Jepang kita ngetest naik taksi sekilo aja bayarnya sampe ratusan ribu, so rasanya pilihan adalah kereta, bus dan jogging J adalah pilihan yang paling oke.

Nah kereta di Jepang itu terintegrasi meskipun beda-beda rel nya, ada beberapa cara sebenarnya mengklasifikasikan kereta di Jepang mulai dari jenis kereta, operator kereta, jalur kereta, Cuma rasanya ini kan bukan sedang bikin quiz Jepang jadi saya mau bagi menjadi 2 hal aja yang ber-impact dengan kantong kita, boleh ya?

Ada kereta yang tercover oleh JR Pass ada tiket yang tidak ter cover dengan JR Pass, that it!

Cara membedakan tercover JR dan tidak adalah pada informasi jalurnya tertulis JR-Line sedangkan untuk yang tidak ter cover JR biasanya bertuliskan metro line atau line lain pokoknya selain tertulis JR, lebih mudah kan?

Jelas bila Anda membeli JR Pass biar balik modal akan pakai JR Line terus kan?(Ya iya lah)

Nah sedangkan untuk yang tidak punya JR Pass maka semua kereta bisa Anda akses dengan menggunakan 1 kartu sakti bernama Pasmo atau Suica card!

Saran mudah untuk Anda, begitu sampai di Jepang, pergi ke stasiun kereta manapun dan belilah Pasmo atau Suica, karena kartu ini bisa digunakan untuk belanja di vending machine, di mini market maupun bayar kereta, jadi buat backup dan mempercepat transaksi oke sekali!

Lagipula kartu ini berlaku 7 tahun lamanya, dan seketika Anda mau pulang, di Bandara bisa Anda refund deposit kartunya! Tunggu ya sebentar lagi saya jelaskan cara beli nya dan apa yang harus diperhatikan.

Kembali soal urusan kereta, cara pertama untuk bisa menguasai kereta di Jepang adalah meminta peta di Tourism Information Center dan infokan Anda mau kemana, dan pastinya akan ditanya memiliki JR Pass dan tidak memiliki.

Cara lain adalah dengan menggunakan aplikasi yang saya sebutkan di buku saya Trip to Japan in 14 days.

Nah saya tidak memiliki JR Pass untuk akses menuju Kanazawa maupun Hakone Area atau Odarawa ataupun area Mount Fuji.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here