Berbicara tentang wisata, Indonesia memang menyimpan sejumlah tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi. Baik itu wisata alam, sejarah, religi, kuliner, dan lainnya. Salah satu wisata yang banyak peminatnya adalah wisata alam, dan Bali mungkin menjadi destinasti utama para turis asing jika mereka berkunjung ke Indonesia. Selain Bali, Indonesia masih memiliki banyak tempat wisata alam yang menarik yang belum diketahui banyak orang, dan untuk masyarakat di Jawa Tengah, Yogyakarta dan sekitarnya, mereka patut berbangga karena memiliki sebuah Pantai yang sangat indah dan mempesona yakni Pantai Indrayanti, salah satu pantai kebanggaan warga Yogyakarta, yang terletak di Wonosari, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Provinsi Yogyakarta. Terletak tepat di sisi timur Pantai Sundak, kurang lebih berjarak 500 m ke arah timur, dan pada bulan Mei tepatnya tanggal 25 Mei tahun 2013, saya dan teman-teman mendapatkan kesempatan untuk mengunjungi pantai Indrayanti. Ini merupakan momen yang indah dan tak terlupakan, karena sesampai disana pun, mata kami semua dimanjakan dengan hamparan pasir putih yang membentang dari ujung ke ujung, batu karang yang berdiri kokoh di pinggiran pantai serta keindahan lainnya.

Pantai Indarayati menawarkan keindahan panorama yang unik dibanding pantai-pantai lain di daerah Gunung Kidul dan sekitarnya. Deretan pantai berpasir putih pun tampak bersih terhampar di garis sepanjang kurang lebih 250 m. Keberadaan batu karang di pinggiran pantai menambah keindahan dan keeksotisan yang dihadirkan oleh Pantai Indrayanti.

Cerita di balik nama pantai ini pun cukup menarik. Nama Indrayanti terdengar tidak asing bagi orang Indonesia. Indra merupakan nama seorang pria, sedangkan Yanti adalah nama seorang wanita. Semua berawal dari sebuah restoran bernama “Indrayanti” , yang dimana nama itu juga merupakan nama pemilik sebuah restoran di pantai tersebut. Ternyata orang-orang yang datang ke pantai ini lebih mengingat nama Indrayanti daripada Pantai Pulang Syawal yang diambil dari nama desa di dekat pantai. Akhirnya,  banyak orang yang merekomendasikan pantai yang tak bernama tersebut dengan sebutan Pantai Indrayanti.

Pantai ini sebenarnya bisa dibilang cukup baru dan belum setenar Pantai Parangtritis. Air jernih dari air laut dan ombak pantai yang menggoda, sehingga pengunjung sangat menikmati pemandangan paling menakjubkan di tempat wisata Jogja ini. Pantainya tidak terlalu besar, dan hanya ada sedikit pengunjung di pantai ini. Hal ini membuat pantai ini begitu damai, dan enak untuk di kunjungi.

 

Untuk mencapai Pantai Indrayanti Gunung Kidul, perjalanan cukup mudah diakses, jalan menuju pantai ini sudah di perbaiki dan cukup bagus.

Tapi, kamu tetap disarankan untuk membawa kendaraan pribadi atau menyewa kendaraan, karena dari pusat kota Yogyakarta tidak tersedia angkutan umum yang bisa langsung membawa kamu ke pantai Indrayanti.

 

Jika kamu memulai perjalanan dari pusat kota Yogyakarta, maka jalan untuk menuju Pantai Indrayanti sebagai berikut;

YOGYAKARTA – Piyungan – Patuk – Sambipitu – Arah Hutan Bunder – Gading – Logandeng – Siyoni – Bundaran Tugu BPD – Jalan Kyai Legi – Jlaan Lingkar Selatan – Jalan KRT Djojodiningrat – Jalan Girisubo – WONOSARI – Jalan Saptosari – Tepus (sebelum memasuki Pantai Baron menuju ke timur menuju Pantai Sundak – Somandeng – Pantai Indrayanti. Jarak antara pusat Kota Yogyakarta dengan Pantai Indrayanti sekitar 65,8 km. Perjalanan kira-kira  akan memakan waktu sekitar 2 jam.

Beberapa keuntungan yang dapat kita nikmati saat mengunjungi Pantai Indrayanti adalah sebagai berikut : Di pantai ini, kamu bisa mengunjungi pemandangan alam yang eksotis, indah, tenang, dan damai. Kamu juga bisa mendengar suara ombak, burung, dan suara hembusan angin laut.

Tiket masuk sangat murah, kamu cukup mengeluarkan uang sebesar  Rp. 10.000,- untuk bisa menikmati pemandangan Pantai Indrayanti yang indah. Pantai masih belum terlalu ramai dan masih bersih. Pasir putih indah sepanjang pantai yang akan memanjakan mata dan di sana juga tersedia puluhan gazebos restoran, toko-toko kecil dan lain-lain di ujung ke ujung. Pantai ini menjadi lebih populer setelah pengusaha mendesainnya seperti pantai yang ada di Bali.
Restoran dan asrama dirancang cukup nyaman untuk tempat istirahat. Pantai ini dekat dengan tempat-tempat yang unmainstream yang tentunya sangat indah seperti, Pantai Krakal, Pantai Drini, Pantai Kukup, Pantai Baron, dll. Hanya ada satu jalan untuk menuju tempat ini. Jadi, manfaatkan waktumu secara efektif untuk menikmati seluruh pantai selatan yang indah. Ada banyak penginapan dan hotel dekat Pantai Indrayanti. Jadi tidak perlu khawatir, karena akan banyak surplus yang kita dapatkan jikalau kita pergi kesana. Kamu bisa berjalan-jalan santai dan menikmati pantai ini tanpa menggunakan alas kaki. Pokoknya keren banget deh… rugi banget kalau kamu melewatkan suasana pantai yang indah ini.

Saat malam tiba, keindahan pun dapat kita saksikan, pengunjung bisa menikmati pemandangan cakrawala yang indah mengubah warnanya dari biru cerah, menjadi oranye-merah dan akhirnya kegelapan dengan kilauan bintang yang berkelap-kelip di langit. Hal ini membuat pemandangan menjadi sangat romantis bagi pasangan yang berkunjung ke pantai ini, dan semua orang pasti setuju bahwa hal tersebut sangat indah!

Bagi kamu yang suka traveling, pasti kamu sudah banyak mejelajah ke tempat-tempat menarik di dunia ini. Tapi kamu jangan sampai menyesal seumur hidup karena melewatkan tempat ini, terlebih untuk kamu yang ingin menikmati wisata alam yang murah dan memberikan kesan maksimal. Pantai Indrayanti dan jajaran pantai selatan Jawa ini menjanjikan keindahan yang tiada duanya. Deburan ombak, jernihnya air laut, dan indahnya alam Gunung Kidul akan membuatmu rugi kalau tidak berkunjung ke tempat ini. Jadi, jangan sampai kamu tidak mengunjungi pantai Indrayanti, Oke!

 

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here