4 Jam di Changi Airport…

0
249

Jadi di perjalanan kami dari Jakarta menuju Bangkok agak spesial nih. Apa spesialnya? Kami sengaja ambil delay penerbangan transit di Singapura cukup panjang yaitu 4 jam.

Karena kami ingin keliling bandara Changi yang merupakan bandara internasional terbaik di dunia berkali-kali di dunia! So… Ada apa di Changi International Airport dari jelajah kami kali ini?

Check it Out!

Orchid Garden

Tempat kami berfoto diatas bernama Orchid Garden. Begitu Anda masuk ke bandara terminal 2 dari Changi International Airport, maka Anda akan mendapati sebuah taman, dimana semua taman yang ada di Bandara Changi, tanamannya bukan tanaman plastic tapi benar-benar tumbuhan asli !

Tempat indah ini dilengkapi bukan hanya dengan bunga Orchid hingga 1000 bunga tapi juga terdapat kolamnya juga, enak sekali untuk bersantai dan berfoto disini, kamipun mengabadikan beberapa jepretan foto untuk buku ini J

Upss.. kami lupa ketika asik berfoto ria di Orchid Garden bahwa kami ingin mencari makan siang, dan kami bermaksud makan siang di terminal 3, oleh karena itu dari Orchid Garden kami menuju terminal 3 dengan menggunakan sky train yang jaraknya tidak jauh dari tempat ini.

Belum jauh kami melangkah, Ryan sudah tertarik dengan sebuah layar besar dan kayu-kayu bulat, mampirlah kami ke tempat gratisan kedua di fasilitas Changi ini :

Make It Your Singapore

Ada 2 bagian dari Make it your Singapore ini, dimana terdapat papan berbentuk lingkaran yang dapat diputar dan ada sebuah layar besar, eh salah bukan sebuah papan tapi beberapa papan besar yang ada kamera dan pixel nya, mari nanti saya informasikan lebih detail papan berpixel itu.

Dalam setiap kayu berbentuk lingkaran terdapat 2 sisi dimana menampilkan gambar dan disisi lain adalah penjelasannya.

Dalam setiap lingkaran terdapat hal-hal yang khas dari kota Singapura. Misalnya terdapat gambar makanan dalam sebuah piring nasi ketika saya balik tertulis Chicken Rice, sebuah makanan favorit dari warga di Kota Singapura, dan banyak lagi hal khas lainnya yang dicatat dalam bentuk icon dan penjelasannya.

Nah bagaimana dengan layar yang ada kameranya itu ?

Ternyata kamera dan layar tersebut mendokumentasikan foto kita dan mengubahnya berbentuk pixel, bagaimana hasil nya ?

Unik sekali bukan ?

Selepas dari 2 tempat gratisan di Changi tersebut yang membuat kami tidak terasa telah menghabiskan 1 jam, kami bergegas menuju terminal 3 untuk makan siang ! Sudah tidak jauh menuju skytrain dari Tempat bernama Make it your Singapore ini.

Kami menuju terminal 3 dengan Skytrain dengan tujuan utama adalah tempat makan foodcourt bernama Singapore Foodstreet.

Sampai di terminal 3 kami harus melewati jalan yang cukup panjang untuk bisa mencapai lokasi food court, namun dapat saya pastikan Anda tidak akan merasa bosan karena konsep mal yang nyaman membuat bandara terminal 3 ini begitu tepat untuk cuci mata dan berbelanja.

Naiklah elevator tersebut dan Anda akan menemukan foodcourt yang buka 24 jam, dengan pilihan makanan beragam dan relative murah di Changi Airport ini.

 

Singapore Food Street

Singapore Food Street adalah sebuah lokasi tempat makan (food court) yang buka selama 24 jam pada areal seluas 1000 meter persegi.

Anda dapat memilih dari 13 food stand di lokasi ini dan dapat menikmati berbagai macam makanan khas dari Singapore seperti Nasi Lemak, Roti Prata hingga Ice Khacang.

Kami melakukan santap siang di Singapore FoodStreet saya memilih untuk membeli Mie Babi sedangkan Ryan memilih makanan yang tidak halal yaitu nasi campur babi panggang. Dan kami juga menambah pesanan berupa bakso ikan yang merupakan khas Singapore atau sering disebut Fishcake, harus dicoba kalau ke Singapore J. Untuk range harga makanan di Food Court ini berkisar 5-8 S$ / porsi.

Untuk minuman Anda bisa membeli di Seven Eleven dengan harga air mineral 600ml seharga 1.5 S$ yang termurah.

Setlah menghabiskan makan siang kami ingin kembali memanfaatkan waktu transit kami di Changi ini dengan kembali mengelilingi tempat menarik, didekat Singapore Food Street ada beberapa tempat menarik diantaranya Butterfly Garden, KOI Pond dan Theatre Cinema.

Bila Anda sudah berada di Singapore Food Street, Butterfly Garden tepat berada di belakangnya, sehingga Anda bisa langsung menuju Butterfly Garden.

Butterfly Garden adalah taman yang berisi berbagai macam jenis kupu-kupu dan terdiri dari 2 lantai yaitu pada level 2 dan level 3 dari terminal 3. Butterfly garden memiliki posisi lebih dekat dengan skytrain menuju terminal 1.

Dan lagi-lagi fasilitas Butterfly Garden ini juga dapat kita nikmati secara GRATIS 🙂

Taman kupu-kupu pertama di dunia yang berada di dalam sebuah bandara, dimana didalamnya kita dapat melihat lebih dari 1000 kupu-kupu dalam sebuah ruangan outdoor 2 lantai dengan terdapat 40 jenis spesies kupu-kupu didalamnya. Di lokasi ini kita dapat memberi makan kupu-kupu, berinteraksi dengan kupu-kupu serta melihat perkembangbiakan kupu-kupu dengan layout outdoor yang juga dilengkapi air terjun.

Ya, meski agak panas karena pada saat kami datang ke Butterfly Garden matahari bersinar terang, namun ini adalah pengalaman pertama kami untuk bisa bergitu dekat dengan banyak kupu-kupu. Tempat ini begitu asri dengan semua tanaman yang terawat.

Tempat ini saya kira menjadi tempat wajib untuk mengajak putra-putri kita untuk berekreasi sekaligus belajar.

Bila Anda keluar dari Butterfly Garden dari level 2, maka tepat disebelah Butterfly Garden Anda menemukan tempat dengan kolam serta gemericik air didalam ruangan, itulah tempat yang tepat untuk beristirahat sejenak dan mungkin mengisi ulang gadget Anda yang sudah mulai low batt di Koi Pond.

Koi Pond

Sambil duduk disekitar kolam ikan Koi kita bisa sambil bersantai dan mendengarkan gemericik airnya, Hmmm….. tempat yang cukup nyaman untuk beristirahat. Dan bila pada saat ikan-ikan Koi ini makan (feeding time), maka putra-putri kita bisa ikut turut serta memberi makan ikan-ikan Koi tersebut.

Tanpa terasa jam di tangan saya telah menunjukkan jam 4 sore, woww… Tidak terasa menghabiskan waktu bersantai sambil melihat-lohat fasilitas gratisan Changi Airport benar-benar tidak bisa habis dalam sehari nampaknya, meski masih ada tempat lainnya contoh seperti Movie Theatre yang berada di level 3 kami kembali bergegas jalan menuju terminal 2 mengingat agak jauh dan lebih baik bersantai disekitar ruang boarding.

Oh ya, bila Anda transit lebih dari 6 jam dan ingin mencoba city tour gratis, Changi Airport juga menyediakannya! Anda bisa mendaftarkan diri, di setiap terminal ada tempat registrasinya, kebetulan saya tidak melihatnya di terminal 2, namun di terminal 3 lokasi pendaftaran City Tour ada di dekat kedatangan SkyTrain menuju Terminal 2.

Sanctuary Lounge

Sanctuary Lounge belokasi cukup jauh dari fasilitas lainnya, berada di transfer E menuju gate E1-E12.

Tempat ini juga sama dengan tempat lounge lainnya dengan bunyi gemericik air sehingga tenang dan kita bisa berisitrahat untuk menunggu pesawat yang akan kita tumpangi. Dilengkapi juga dengan tempat untuk charge handphone, membuat tempat ini adalah lokasi yang tepat untuk menunggu bila Anda memiliki pesawat dengan keberangkatan dengan Gate E1-E12.

Namun ada 1 hal yang membuat tempat ini kurang nyaman adalah berdekatan dengan smoking room, ya, bisa nyaman dan tidak tergantung apakah Anda perokok atau tidak, mengingat Singapura adalah salah satu negara yang begitu disiplin termasuk asap rokok, karena berdekatan dengan smoking room, Sanctuary Lounge ini sedikit terasa bau asap rokok, meski samar-samar namun ada rasa kurang nyaman bagi yang begitu sensitive dengan bau asap rokok.

Nah itulah beberapa tempat yang bisa kami dokumentasikan dari 4 jam keliling di Bandara Changi! Satu kata aja dari Bandara ini, “Gak cukup kalau keliling Changi ini cuma beberapa jam, dan kita puas karena bandara ini banyak fasilitas mewah dengan harga gak bayar… Hehehe…”