Anti Mahal-Mahal Club by Jesslin

0
244

Mana ada sih jalan-jalan yang gak pake uang? Mau ke mall, mau ke luar kota, ke luar negeri, ataupun ke luar planet sekalipun, tetap saja yang dibutuhin pasti uang, uang, dan uang. Nah tapi, kita tentu lebih ingin dong, mengeluarkan uang untuk hal-hal yang memang worth it dan tidak sembarangan mengeluarkan uang yang bukannya bikin kita bahagia, melainkan malah bikin makin stress! Hahahaha

Seperti saya dan teman saya, Siska, yang hanya mengeluarkan kurang dari 5.000.000 rupiah tapi kami bisa liburan di Bangkok, Thailand selama satu minggu. Iya, SATU MINGGU. Pasti banyak di antara kalian yang mikir, ah pasti tidurnya di hostel atau paling pake tiket pesawat promo, hmm maaf nih, kita enggak loh. Lah kok bisa?

Dengan umur saya dan Siska yang masih di bawah 20 tahun, tentu kami gak punya penghasilan banyak apalagi dengan fakta bahwa kami masih mahasiswa yang sibuk dengan kelas kuliah. Tapi yang namanya mimpi, pasti selamanya akan jadi mimpi kalau kita gak berani ngewujudin. Mimpi saya yang dari dulu ingin ke luar negeri dengan uang tabungan saya sendiri, akhirnya tercapai pada 18 Juli – 25 Juli 2017 lalu. Mengandalkan kemajuan teknologi yang sudah maju seperti sekarang ini, tanpa tour guide dan orang di kenal di negeri Gajah Putih tersebut, dengan penuh keberanian tibalah kami  di Changi Airport.

Lho, lho, ke Thailand tapi kok malah sampai di Changi Airport? Seperti yang sudah saya bilang di awal, saya tidak memakai tiket promo apapun, melainkan saya memesan tiket dari jauh-jauh hari sebelum keberangkatan, tepatnya pada akhir bulan Mei, dan dengan harga yang sangat miring, saya dapat bonus jalan-jalan dulu ke Singapore, yaaa meskipun hanya di bandaranya saja, alias transit.

Dari hasil googling yang sudah saya lakukan bersama Siska, saya menemukan hotel bintang tiga dengan rating 8.0/10 yang harganya hanya kisaran 200 baht atau 100.000 rupiah per malam. Makanya, setiba kami di Suvarnabhumi Airport, kami langsung memesan Uber untuk mengantarkan kami ke hotel tersebut. Namanya CK2 Hotel. Bisa dibilang fasilitasnya sangat lebih dari cukup, dengan tempat tidur King Size, AC, kamar mandi di dalam, meja, kursi, balkon, TV, dan bahkan ada air panas & wifi! Wow banget kan. Meskipun beberapa staff ada yang kesulitan Bahasa inggris, tapi mereka sangat friendly dan tetap berusaha melayani kami dengan baik.

Low budget tentu gak menjadikan kami hanya diam di hotel, merenung apakah gajah putih beneran ada atau nggak. Tentu kami jalan-jalan, tapi apakah ada tempat di Bangkok yang tetep bikin bahagia namun gak bikin kantong kering? Jawabannya, banyak!

Hari pertama kami di Bangkok, kami mengunjungi Wat Pho dan Wat Arun dengan tiket hanya 50 baht atau 22.000 rupiah. Hari kedua kami mengunjungi Madame Tussauds & Sea Life di Siam, namun kami menggunakan paket Early Bird yang sudah kami pesan sebulan sebelumnya dengan hanya dikenakan kisaran 1200 baht atau 500.000 rupiah untuk dua tempat wisata tersebut sekaligus. Selanjutnya pada hari ketiga kami mengunjungi Art in Paradise untuk berfoto-foto ala 3D dengan tiketnya yang 200 baht atau 100.000 rupiah. Hari keempat, tentu kami gak melupakan sahabat dan keluarga kami yang gak ikut, jadi kami pergi ke Chaktucak Weekend Market untuk belanja oleh-oleh. Hari kelima kami pergi ke Litle Zoo Café Siam untuk mencoba kafe unik yang ditemani anjing-anjing dan binatang peliharaan lain yang lucu. Terakhir, hari keenam, kami menikmati indahnya langit Bangkok malam di Asiatique Riverfront dengan harga 1200 baht atau 500.000 rupiah per orang.


Menurut saya, perjalanan itu gak harus mahal, yang penting seru. Gak harus ke tempat yang mewah, yang penting berkesan. Gak harus rame juga, karena dengan ditemani orang yang kita sayang, atau bahkan hanya dengan diri kita sendiri, yang penting bersyukur, semuanya pasti akan terasa cukup. 
Itulah perjalanan berharga saya dan Siska dengan harga-harga yang dapat dijangkau dan tentunya tetap memberikan pengalaman berarti yang tidak akan terlupakan, karena kita, anti mahal-mahal club! ?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here