Kami selesai sarapan kurang lebih jam 8.30 pagi. Seperti biasa, karena kami jalan-jalan sampai malam, kami bangun sudah pagi tapi kan harus siap-siap jadi jam 8.30 sudah siap bertualang bagi kami sudah oke banget!

Kemana kami pada hari ini?

Ada banyak tempat menarik di area JR West yang bisa Anda eksplorasi. Misalnya saja Anda pergi ke Hiroshima, namun di area yang cukup dekat akses melalui Kyoto namanya adalah area Amanohashidate.

Kenapa tempat ini bikin kami penasaran? Kalau Anda browsing maka Anda akan menemukan bahwa Amanohashidate (gratisporno.cc) is one of Japan’s three scenic views!!!

Kami sebenarnya baru akhir-akhir ini saja mendenrgar nama Kawasan ini, jelas saya yakin Anda juga akan lebih sering menderngar Shirakawago kan?

Bagaimana cara ke tempat ini?

Oke ini bagian yang saya selalu paling semangat sharing kepada Anda semua!

Jadi Amanohashidate kalau kita ambil peta adalah sebagai berikut :

Jadi bila Anda pergi dari Kyoto menuju Amanohashidate Anda perlu berganti kereta sebanyak 1x, yaitu pada Fukuchiyama.

Lalu perhatikan, ada garis lurus dan garis putus-putus pada peta, artinya pada garis lurus perjalanan Anda tercover oleh JR Pass yang Anda miliki, sedangkan pada rute Fukuchiyama menuju Amanohashidate tidak tercover JR Pass.

Perjalanan dari Kyoto menuju lokasi kurang lebih sekitar 2 jam. Cukup lama bukan? Oleh karena itu jangan terlalu siang memulai perjalanan agar Anda punya banyak waktu melakukan eksplorasi.

Kami menggunakan JR West Pass, menurut catatan ketika kami browsing seharusnya rute Fukuchiyama menuju Amanohashidate dan sebaliknya terkena biaya alias tidak tercover, lumayan loh biayanya yaitu 1500 Yen per orang, tapi ketika kami gunakan JR West Pass yaitu Kansai Wide Area Pass dan Kansai – Hiroshima Area Pass keduanya sudah termasuk tiket kereta Fukuchiyama – Amanohashidate

Kita pergi kembali ke Kyoto Station dan gunakan line E atau Sagano Line, pergi ke train line nomor 31 :

Lalu Anda akan berhenti di Fukuchiyama dan berganti kereta yang modelnya lebih klasik dari kereta cepat yang sebelumnya bentuknya lebih modern, nama keretanya adalah Tango Relay :

Kami akhirnya sampai di Amanohashidate jam 11.40.

Keluarlah dari peron kereta dan seperti biasa, segera cari Tourism Information Center dan ambillah informasi sebanyak-banyaknya!

Apa hal yang perlu diperhatikan menurut saya ketika Anda mengunjungi Amanohashidate?

Pertama. Setiap tempat wisata di Jepang selalu memberikan tiket terusan alias Pass. Demikian juga dengan Amanohashidate.

Anda bisa membayar sebesar 3550 Yen untuk mendapatkan tiket terusannya.

“[Kyoto Tango Railway]
(Local/Rapid/Limited express non-reserved car) Kyoto Tango Railway all the lines”
“「Tango Kairiku Kotsu]  
Amanohashidate sightseeing boat: Miyazu pier – Amanohashidate pier – Ichinomiya pier/Amanohashidate Kasamatsu Park Cable Car/Chairlift: Fuchu Station – Kasamatsu Station/Ine bay sightseeing boat: Ine-wan meguri hide – Round-trip – Ine-wan meguri hide/Local bus: Miyazu Station – Amanohashidate Station – Kasamatsu cable-shita”
“[Special offer]
Climbing bus: Kasamatsu Station – Nariai-ji temple Adult 720yen→400yen 
Rental bicycle: Amanohashidate area for 2 hours 400yen→200yen”
*Excluding highway bus/community bus. **Nariai-ji temple admission fee is required. Ini adalah semua fasilitas yang tercover oleh Amanohashidate One day Pass. Nanti akan saya jelaskan lebih lanjut soal kegiatannya, namun secara garis besar bila Anda telah memiliki JR West Pass, Anda tidak untung membeli one day pass ini, kenapa?   Komposisi paling mahal menurut catatan saya adalah transport kereta, dimana Tango train nya saja pulang pergi sudah 1500 Yen sendiri.   Artinya dengan sudah ter cover JR West Pass Anda, tiket atraksi di Amanohashidate yang belum tentu Anda akan gunakan semua (karena bisa jadi Anda tidak berminat atau karena keterbatas waktu) membuat tidak maksimal penggunaan one day pass nya, oh ya ada 2-day pass juga loh.  
Kalau mau mempelajari soal pass ini Anda bisa akses website nya langsung : https://willerexpress.com/st/3/en/pc/tour/package/?mcid=37995  

Kedua. Ambil perhatian dengan schedule kereta untuk kembali ke Kyoto. Karena rute kereta dari Amanohashidate tidaklah banyak dan selalu ada setiap jam.

Jadi pastikan ketika Anda mengambil peta pada tourism information, Anda juga melakukan pengecekan schedule kereta.

Karena kami telah bertanya terlebih dahulu maka kami menjadwalkan diri untuk kembali ke Kyoto dengan train jam 14.55:

Oke! Mari kita belajar sedikit bagaimana cara mengeksplorasi Amanohashidate versi kami.

Posisi Anda ketika sampai di Amanohashidate adalah pada peta saya tandai dengan nomor 1. Daerah utama yang bisa Anda kunjungi adalah nomor 2, 3 dan 4.

Nomor 2 bernama Amanohashidate View Land, Nomor 3 adalah Amanohashidate- nya, dan nomor 4 bernama Kasamtsu Park.

Karena nama tempatnya saja Amanohashidate, artinya Kawasan nomor 3 adalah ‘menu utamanya’ jadi sebenarnya Amanohashidate artinya adalah jembatan menuju langit. Darimana Anda bisa melihat secara nyata jembatan menuju langitnya? Adalah dengan cara melihatnya dari tempat yang tinggi dan secara terbalik (kepala Anda berada di bawah).

Anda bisa melihat jembatan menuju langit itu di Amanohashidate View Land yaitu poin nomor 1.

Jadi, bila Anda memiliki keterbatasan waktu seperti kami, maka kemungkinan besar di tempat ini Anda setidaknya bisa mengunjungi Kawasan nomor 3 dan nomor 2, manapun yang Anda pilih terlebih dahulu bebas saja.

Apalagi bagi Anda yang memiliki hobi seperti kami yaitu ber foto-foto maka kemungkinan besar Anda tidak akan bisa pergi ke lokasi yang paling jauh yaitu Kasamatsu Park (nomor 4).

Bila Anda menuju Kasamtsu Park dengan bus dari Amanohashidate Station setidaknya membutuhkan waktu 25 menit, bila Anda menggunakan Amanohashidate sightseeing boat dari Amanohashidate Station menuju Amanohashidate Tour Boat Dock dengan berjalan kaki membutuhkan waktu 15 menit ditambah durasi di dalam kapal adalah 12 menit dan 15 menit berjalan dari Ichinomiya Boat Dock menuju ke Kasamtsu Park dan ditambah naik cable car ke puncaknya adalah 4-6 menit jadi durasi untuk pulang perginya adalah 45 menit x 2 = 90 menit.

Keterangan Gambar : Ini adalah rute yang harus Anda tempuh dari station menuju boat dock

Keterangan Gambar : Bila Anda menuju Amanohashidate maka hampir mirip rute nya dengan Anda pergi menuju Tour Boat Dock tapi Anda akan menyeberang sebuah jembatan menuju Kawasan pasir putih yang keren, sedangkan bila Anda ingin melihat Amanohashidate dari atas maka dari pertigaan Amanohashidate Station Anda berbelok ke kanan.

Bagaimana dengan pilihan rute kami?

Kami pertama kali pergi dulu menuju Amanohashidate, oh ya, kalau Anda mau berjalan kaki dari Amanohashidate Station ke Kasamatsu Park juga bisa loh dengan menyusuri Amanohashidate sekitar 50 menit (itu juga kalau Anda tidak berhenti-henti sambil berfoto, karena memang tempat ini banyak spot foto kerennya).

Sepanjang jalan yang Anda lewati, Anda akan menemukan jalan yang menurut saya tampak asri dan bersih!

Teruslah berjalan dan Anda akan menemukan persimpangan dengan tulisan yang jelas :

Dan di sisi kanan jalan nanti Anda akan menemukan sebuah jembatan sebagai jalan menuju Amanohashidate :

Siapkan kamera Anda karena view dari jembatan Kaisenkou ini benar-benar indah! Aduh…. Bersih banget mulai dari air dan jalanannya!

Melewati jembatan Kaisenkyou Anda akan menemukan 2 nuansa berbeda, di sisi kanan Anda akan menemukan hamparan pasir putih dengan air yang tenang, di sisi kiri jalan Anda akan mendapatkan view pohon-pohon yang asri :

Nah bila Anda memang mengikuti rute yang kami lakukan selama di Amanohashidate, maka setelah dari area ini kami penasaran untuk melihat daerah ini dari atas, oleh karena itu kami kembali ke pertigaan jalan sebelumnya menuju ke Amanohashidate View Land.

Tips seru lainnya!   Setelah jembatan, Anda akan menemukan kedai kecil di sisi kanan jalan yang menjual es krim!   Yang menarik adalah ada pesan khusus kalau Anda makan es krim disepanjang jalan ini :    

Jadi di sekitar area ini memang banyak sekali burung beterbangan diatas kita, ternyata bila kita membawa makanan misalnya es krim, bisa saja mereka memakan es krim itu.   Sayangnya kami membeli es justru setelah bermain-main dan berfoto di pantainya, kalau tidak Ryan pasti sudah dengan sengaja membiarkan es krim yang dia makan untuk diambil oleh burung-burung yang terbang J  

Bila Anda kembali ke pertigaan dan jalan terus nanti di sisi kanan jalan Anda akan menemukan papan petunjuk untuk menuju ke Amanohashidate View Land :

Saya jamin di area ini Anda tidak akan kesulitan untuk mencari petunjuk jalannya, karena sangat mudah dibaca.

Anda akan menemukan sebuah tempat yaitu station pendakian ke atas dengan 2 pilihan, Anda bisa gunakan monorail car atau chair lift.

Bagi Anda yang mengejar waktu (seperti kami saat itu) maka kelemahan monorail adalah terdapat jadwal keberangkatan, sedangkan untuk chair lift selalu ada tanpa Anda perlu menunggu jadwal. Jadi Anda bisa tentukan sendiri yang mana yang mau Anda gunakan.

Harga tiket untuk naik chairlift maupun cable car adalah sama dan berlaku untuk pulang pergi yaitu 850 Yen dewasa dan 450 Yen untuk anak-anak, bila Anda memiliki JR West Pass maka Anda bisa mendapatkan diskon yaitu menjadi 700 Yen untuk dewasa, dan untuk anak karena Etenia tidak perlu beli tiket jadi kami tidak tau nih harga diskon nya untuk anak-anak adalah berapa.

Karena kami mengejar waktu maka kami naik dengan menggunakan chair lift, mungkin Anda merasa takut untuk naik dengan chair lift tapi nyatanya tidak! Hal yang menjadi pertimbangan menurut saya bukan karena takut naiknya, tapi dalam keadaan cuaca yang dingin sepertinya Anda akan kedinginan kalau naik chair lift.

Kami sampai di Amanohashidate View Land sekitar jam 13.37, dimana kereta kami akan berangkat jam 14.55, jadi kami memperhitungkan setidaknya jam 14.30 kami sudah harus turun kembali.

Jadi tips kepada Anda yang memang ketat terhadap waktu, pastikan rencanakan dengan baik ya.

Sampai diatas Anda akan kerepotan untuk memilih spot foto karena semua spot diatas sangat bagus! Kami beruntung bahwa udara sedang cerah (tapi konsekuensinya PANASSSSSS TERIK) jadi untuk pemandangan di Amanohashidate dapat kami nikmati benar-benar seperti kalau kami browsing di Google! Hehehe….

Banyak atraksi yang dapat Anda naiki, salah satunya adalah Cycle Car, jadi ada sebuah rel sepeda kayuh yang mengelilingi area ini :

Apakah Anda tidak bertanya-tanya, darimana istilah jalanan menuju langitnya?

Oke, coba saya ambilkan foto pemandangan bila kita melihat Amanohashidate nya dari atas :

Nah bila dilihat terbalik maka Anda akan memahami maksudnya :

Keren banget ya!

Wah tidak terasa jam sudah menunjukkan jam 14.20! Kami langsung turun dengan chair lift dan berlari-lari kecil menuju Amanohashidate station!

Kami kembali menuju Kyoto Station dengan rute yang sama dengan kami pergi ke sini, dan kami sampai di peron nomor 31 yang berdekatan dengan kedai makanan tempat kami kemarin makan malam.

Dan untuk kedua kalinya kami makan lagi di tempat ini, meskipun makan yang agak terlambat nih karena jam 17.15 kami baru sampai kembali ke Kyoto Station!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here